Kesaksian Notaris Di Pengadilan

Hasbi Cemberut, Tanam Duit Tapi Nggak Untung

Notaris Devi Herlina usai bersaksi pada sidang perkara Sekretaris MA Hasbi Hasan di sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat. (Foto: Istimewa)
Notaris Devi Herlina usai bersaksi pada sidang perkara Sekretaris MA Hasbi Hasan di sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka – Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Hasbi Hasan menanamkan duit miliaran rupiah di PT Eviana Wijaya Kembar. Namun investasi di perusahaan milik artis Eviana Sudarlin Wijaya alias Jhessica Vee itu tidak membuahkan keuntungan. Hasbi pun kesal.

Hal itu terungkap dalam per­sidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat. Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meng­hadirkan Notaris Devi Harlina sebagai saksi.

Devi menuturkan kenal Hasbi sejak tahun 2021 karena menangani perjanjian bisnis antara Hasbi dengan mendiang Jhessica Vee. Devi sempat empat kali bolak-balik menemui Hasbi di Gedung MA. Mulai dari penandatanganan kerja sama pada akhir Desember 2021 hingga saat dua kali penyerahan salinan akta perjanjian pada 8 Maret 2022 dan Oktober 2022.

Jaksa menanyakan jumlah duit yang ditanam Hasbi di PT Eviana. Devi ragu-ragu mem­bongkarnya. Ia khawatir bisa dituntut karena membocorkan informasi klien.

Jaksa akhirnya membacakan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Devi nomor 17 angka 1 saat pe­nyidikan di KPK.

“Kalau di BAP Saudara ini disebutkan, sekitar Rp 2 miliar atau Rp 3 miliar,” ujar Jaksa KPK, Wawan Yunarwanto mengutip BAP Devi Herlina.

“Karena ada dua perjanjian, Pak. Ada dua akta. Kurang lebih segitu, satu akta Rp 1 miliar,” jawab Devi.

Namun apakah bisnisnya berjalan atau tidak, Devi tak tahu pasti. Pasalnya, ia sekadar mengurus akta, dan tidak terlibat di PT Eviana.

Jaksa Wawan pun menanyakan kembali soal pertemuan keempat Devi di ruangan kerja Hasbi di MA pada September atau Oktober 2022. Saat itu, Devi menyerahkan salinan akta yang kedua kepada terdakwa.

“Yang pertemuan sekitar September atau Oktober 2022 ini, apakah Pak Hasbi ada marah-marah?” lanjut Jaksa Wawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*