Darurat Karhutla, Kapolda Riau: Ada Asap, Perusahaan Nakal Kami Sikat

Petugas gabungan tengah padamkan semburan api yang terjadi di hutan
Petugas gabungan tengah padamkan semburan api yang terjadi di hutan

RM.id  Rakyat Merdeka – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal mengingatkan perusahaan untuk menjaga lahannya dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang sudah terjadi beberapa hari terakhir. Pemprov Riau telah menetapkan status siaga darurat karhutla.

“Perusahaan harus membantu aparat dan pemerintah untuk menjaga lahannya dan juga harus patroli rutin di wilayahnya masing-masing. Kalau sampai ada kebakaran lahan, kami tidak pandang bulu, langsung kami sikat,” kata Iqbal dikutip dari Antara Sabtu (16/3).

Diketahui, sejak 13 Maret hingga 30 November, Pemprov Riau telah menetapkan status siaga darurat karhutla Penetapan status itu melalui Surat Keputusan Gubernur yang diteken langsung oleh Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto.

Selain itu, kapolda juga telah memerintahkan jajarannya untuk berpartisipasi secara rutin di lahan-lahan yang berpotensi terjadinya kebakaran. Iqbal mengatakan, dirinya tak ingin ada titik api yang menyebar di Riau, apalagi sampai menimbulkan dampak kabut asap

“Jangan kasih kendor bagi pelaku-pelaku pembakaran lahan, baik perorangan maupun perusahaan. Saya ingatkan kepada anggota, jangan sampai ada kebakaran lahan, maksimalkan patroli di seluruh penjuru,” titah Iqbal.

Pj Gubernur Riau SF Hariyanto mengatakan, telah mengikuti sekaligus memberikan laporan antisipasi karhutla dalam Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Karhutla 2024 di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Rakorsus kali ini diadakan secara langsung dan daring, yakni terdapat sembilan gubernur yang diundang langsung dalam kegiatan ini.

Hariyanto menyampaikan permohonan bantuan helikopter dan pesawat TMC dari berbagai pihak untuk penanganan Karhutla di Riau tahun 2024. Dirinya meminta helikopter patroli satu unit dan water bombing enam unit.

“Kemarin juga ada dari KLHK satu unit sudah sampai di Lanud Roesmin Nurjadin,” terangnyahttps://tahapapun.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*