Jokowi Melawat ke Luar Negeri Saat HUT PDIP, Ari Dwipayana: Enggak Menghindar

jokowi-melawat-ke-luar-negeri-saat-hut-pdip-ari-dwipayana-enggak-menghindar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk memastikan pasokan dan menstabilkan harga bahan pokok jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. (Sumber: BPMI Setpres)

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Koordinator staf khusus presiden Ari Dwipayana mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki agenda lawatan ke luar negeri saat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDIP yang akan jatuh pada 10 Januari 2024.

Ari bilang bahwa Jokowi mungkin tidak akan menghadiri HUT ke-51 PDIP karena adanya agenda tersebut. Namun demikian, ia belum bisa memastikan.

“Ada rencana memang ke beberapa negara ASEAN, tetapi kepastian nanti saya sampaikan lagi. Nanti saya cek dulu ya, tetapi kalau ada kunjungan ke luar negeri, mungkin tidak (hadir),” kata Ari, Jumat (5/1/2024).

Baca Juga: Soal Makan Malam Jokowi dan Prabowo, PDIP Singgung Netralitas: Presiden Harus Memberi Contoh

Ia juga belum dapat memastikan apakah Jokowi sudah menerima undangan HUT ke-51 PDIP atau belum.

Lebih lanjut, Ari Dwipayana menegaskan bahwa rencana lawatan Jokowi ke luar negeri bukan siasat untuk menghindari HUT PDIP. Pasalnya, agenda Jokowi sudah diatur sejak lama.

“Enggak (menghindar) lah, pasti sudah ada rencana yang sudah diatur. Kita ucapkan selamat ulang tahun ya (untuk PDIP),” ucap Ari.

Sebagai informasi, hubungan Jokowi dengan PDIP dikabarkan tengah merenggang usai putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming menjadi cawapres dari Prabowo Subianto.

Sementara, PDIP mengusung eks Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk pilpres 2024, berdampingan dengan Mahfud MD.https://www.youtube.com/embed/QG1bvVPDRMc?rel=0

Dalam beberapa kesempatan, Jokowi menegaskan bahwa hubungannya dengan Megawati baik-baik saja. 

Baca Juga: Jokowi Makan Malam dengan Prabowo Jelang Debat Capres, Anies: Sah-sah Saja, Nggak Ada Masalah

Namun, PDIP menyatakan https://gimanalagiyakan.com bahwa para kader kecewa dengan sikap Jokowi yang terkesan membiarkan Gibran maju sebagai cawapres.

PDIP juga mengkritik proses pencalonan Gibran yang memicu polemik dinasti politik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*