Jendela Pesawat Alaska Airlines Copot di Udara, Seorang Anak Nyaris Tersedot Keluar Pesawat

jendela-pesawat-alaska-airlines-copot-di-udara-seorang-anak-nyaris-tersedot-keluar-pesawat

Sebuah jendela dan bagian badan pesawat terlepas saat pesawat tengah mengudara usai lepas landas dari Bandara Internasional Portland, Oregon, Amerika Serikat, Jumat (5/1/2024) malam waktu setempat. (Sumber: CBS News/Elizabeth)

Penulis : Vyara Lestari

ALASKA, KOMPAS.TV – Maskapai Alaska Airlines mengandangkan seluruh armada pesawat Boeing 737-9 miliknya, Jumat (5/1/2024). Keputusan ini diambil menyusul insiden sebuah jendela dan sebuah bagian badan pesawat terlepas saat pesawat tengah mengudara. Pendaratan darurat pun dilakukan di Portland, Oregon, Amerika Serikat (AS). Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. 

Melansir Associated Press, Sabtu (6/1), insiden itu terjadi beberapa saat setelah pesawat lepas landas. Jendela pesawat dan sebidang badan pesawat yang copot membuat kabin mengalami penurunan tekanan.

Data penerbangan menunjukkan bahwa pesawat sempat menanjak hingga ketinggian 16.000 kaki atau 4.876 meter sebelum kemudian kembali ke Bandara Internasional Portland. Pihak maskapai menyatakan pesawat itu berhasil mendarat dengan selamat beserta seluruh 174 penumpang dan enam awaknya.

Baca Juga: Anak Kolombia yang Selamat dari Kecelakaan Pesawat: Ibu Masih Hidup Selama 4 Hari usai Pesawat Jatuh

“Menyusul insiden malam ini pada Penerbangan 1282, kami telah memutuskan untuk mengambil tindakan pencegahan dengan mengandangkan sementara armada kami, 65 pesawat Boeing 737-9,” ucap CEO Alaska Airlines Ben Minicucci dalam sebuah pernyataan. 

“Kami meminta maaf kepada mereka yang berada di penerbangan ini atas apa yang mereka alami.”

Seluruh pesawat yang dikandangkan akan menjalani perawatan setelah melalui inspeksi perawatan dan keselamatan penuh, yang menurut Minicucci bakal selesai dalam hitungan hari.

“Kami bekerja sama dengan Boeing dan regulator untuk memahami apa yang terjadi mala mini, dan akan membagikan perkembangan begitu informasinya tersedia,” imbuhnya.

Baca Juga: Film Rekomendasi Tentang Kecelakaan Pesawat Ini Wajib Kamu Tonton, dari Aftermath hingga The Grey!

Dilaporkan tak ada korban luka dalam insiden itu.

Kronologi

Menurut data pelacakan https://perjalananini.com penerbangan FlightAware, pesawat itu dialihkan pada sekitar 6 menit setelah lepas landas pada 5.07 petang waktu setempat. Pesawat itu kemudian mendarat darurat pada pukul 5.26 petang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*